Posted by: Grace Paramita | May 9, 2008

Demoralisasi mental

gimana sih caranya kita untuk dapat merubah mental manusia atau atitude manusia yang menurut kita udha ngga mungkin berubah ? ada beberapa cara, salah satunya adalah dengan cara di jatuhin dulu mentalnya sampe di titik nadir baru di built dan dibuat dengan norma dan dasar yang baru……

biasanya ini dilakukan kalo orang kena narkoba, jadi biasanya mentalnya dihancurin dulu dengan segala macam cara agak disiksa lah…..contohnya disuruh nganngkat air…..pokoke disuruh hidup kayak uncivilised world deh…….dan loe seakan akan di dunia ini sendiri gak ada yagn bisa nolongin loe…..loe musti bertahan sendiri…..dan menolong diri sendiri…..nagnis sendiri……dari situ baru lah sisi dalam diri kita akan fight back untuk menolong diri sendiri……nah itulah mental baru yang diperlukan kita yagn berguna untuk kita…….

untuk orang tua yagn naro anaknya di tempat pemulihan narkoba pasti nangis bombay deh ngeliat anaknya di suruh suruh kayak pembantu dan dikeras kayak gitu…katanya para ibu hatinya miris….tapi kan kita musti milih…..loe sayang apa kasihan ?

kalo kita kasihan kita akan ambil tuh anak dan tolongin dia….dan bahkan umpetin dibelakang kita…biar kita aja deh yagn sengsara…while tuh anak ngga akan berubah…….

kalo kita sayang….ya kita musti tega deh…demi kebaikan tuh anak….bener gak ????

kasus ini pernah dialamin my mom, ceritanya kakak gue kecelakaan motor…..kakinya patah….dengkulnya pecah jadi 3 bagian…jadi pake pen dan kursi roda…..nah pas dia musti fisiotheraphy untuk belajar jalan……alamak satu rumah sakit bisa denger dia jerit jerit…….maklumlah kakak gue ini cewe dan bacotnya astaga naga naujubilah bin jalik………pertama kali anter ke tempat latihan….emak gue nangis di pojokan…sambil bingung…..kesian ama kakak gue……mau nolongin tapi bingung…..mau diem aja gak tega…..susah kan maju kena mundur kena…….at the end dokter bilang ama nyokap gue gini : BU ….HARUS BISA TEGA…IBU SAYANG ATAU KASIHAN ? KALO SAYANG DIA HARUS KITA LATIH AGAR NANTI TIDAK PINCANG DAN BISA JALAN …KALO IBU KASIHAN…SILAHKAN BAWA PULANG DAN ANAK INI AKAN DI KURSI RODA SETERUSNYA……”…jeng…jeng….tamparan keras tu…….jaid kita sekrang bisa bedain mana sayang dan kasihan ……

kembali ke demoralisai mental…..

mostly anak yang keluar dari teraphy narkoba memang berubah karena sempat mengalami mental drop yang di titik terendah…

ini adalah demoralisasi versi manusia…, kalo demoralisasi versi Tuhan apa sih ?

menurut gue :

Versi Tuhan adalah dimana kita diberi suatu cobaan atau apapun yang sampai kita merasa bahwa kita hopeless dan lari kembali ke Tuhan dan kita sadar bahwa selain diri kita sendiri, nobody able to help us…..jadi bangkit itu harus dari dalam diri kita.

seperti orang tua gue selalu bilagn : kita lahir sendiri, mati sendiri….jadi urusan dengan yagn di ATAS adalah urusan masing masing……urusan diri sendiri adalah urusan masing masing…..other people may have their right to remind us but at the end you control your self…..you are the one who bring your self at this stage….and you should proud of ……somehow they dont have to know how you get there….it;s your own unseen treasure which made your life rich with the colorfull life experience…..caileeeee…….

jadi demoralisai memang adalah salah satu cara untuk merubah basis kehidupan….template kita….mudah mudahahn jaid yagn baik…bukan jadi malah frustasi karena merasa helpless.

mau cara apa ? human’s way ?or God’s way ?……..it’s all up to you…..

but the best way is to see far in the future there must be something good about it….believe me…..biasanya setelah gunung berapi meletus tanah jadi lebih subur…….setelah banjir ada pembangunan infrastruktur yang lebih baik…..sesudah gempa ada struktur rumah yagn lebih aman…….sesudah musibah ada kawan yang dekat dengan kita……sesudah musibah ada perubahan dalam diri seseorang…..sesudah musibah ada rejeki yang lain…….bahkan sesudah by pass jantung aja ada kehidupan dan nafas yang lebih baik……tul gak penonton ?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: